Selasa, 24 Agustus 2010

Hukum orang yang mengatakan bahwa sifat-sifat Khaliq seperti sifat makhluk.

Oleh :Syaikh Muhammad bis Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya orang yang mengatakan bahwa sifat-sifat Khaliq seperti sifat-sifat makhluk?

Jawab :
Orang yang meyakini bahwa sifat-sifat Khaliq seperti sifat-sifat makhluk adalah sesat, karena sifat-sifat Khaliq tidak seperti sifat-sifat makhluk berdasarkan penjelasan Al-Qur'an sendiri, seperti yang difirmankan Allah,

"Tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat" (Asy-Syuura : 11)

Tidak diperkenankan bagi kita untuk memuat  permisalan dalam nama dan sifat Allah dengan sesuatu. Ini adalah kaidah yang diketahui bersama.

Bukankah Allah mempunyia wajah dan onta juga mempunyai wajah? Keduanya memiliki kesamaan dalam 'nama' tetapi tidak sama dari aspek "hakikat". Kerapun punya tangan dan onta juga punya tangan, apakah  tangan onta dan tangan kera sama?

Jawabannya tidak. Jadi mengapa Anda tidak mengatakan bahwa wajah Allah tidak sama dengan wajah  para makhluk? Tangan Allah tidak sama dengan tangan makhluk? Allah Subhanahu wa Ta'ala berfiman

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semesitnya padahal bumi selurunya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit di gulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Tuhan dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan." (Az-Zumar : 67)

Kemudian Allah berfirman
"(Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas." (Al-Anbiya : 104)

Adakah tangan-tangan makhluk yang sama seperti tangan-tangan ini? Tidak! Jadi kita harus tahu bahwa Khaliq tidak bisa dimisalkan dengan makhluk, baik pada zat maupun sifat-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya dan Dia Maha Mendengar dan lagi Maha Melihat (Asy-Syuura : 11).

Maka dari itu, tidak boleh selamanya kita menghayalkan bagaimana sifat Allah itu atau mengira bahwa sifat Allah itu seperti sifat makhluk.

Sumber : Fatawa Arkanul Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar